Aspek Ekonomi

Mata pencaharian masyarakat Desa Pandanmulyo mayoritas pada sektor pertanian/perkebunan dan Peternakan yang sistem pengelolaanya masih sangat tradisional (pengolahan lahan, pola tanam mapun pemilihan komoditas produk pertaniannya). Produk peRTanian Desa Pandanmulyo sawah / lahan basah adalah padi, jagung dan sedikit palawija, hal ini diakibatkan adanya struktur tanah yang mungkin belum tepat untuk produk unggulan pertanian diluar sentra padi dan jagung.

Oleh karenanya harus ada langkah strategis dalam mengatasi persoalan pertanian dengan melakukan berbagai upaya-upaya : Perbaikan sistem irigasi/pengairan: pengunaan teknologi tepat guna: perbaikan pola tanam dan pemilihan komoditas alternatif dengan mengkomunikasikannya kepada pihak-pihak terkait (dinas pengairan, dinas peRTanian).

Sedangkan untuk lahan kering (tegal) produk unggulan masih di dominasi oleh tanaman tebu,dan jagung di samping itu masih banyak lahan yang belum termanfaatkan secara produktif untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Langkah alternatif yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah melakukan penyuluhan-penyuluhan untuk meningkatkan pemanfaatan lahan : pengadaan bibit-bibit tanaman produktif dengan melibatkan instasi terkait (dinas kehutanan, dinas pertanian dan perkebunan.